Google Translator

Rabu, 14 Desember 2011

Ditemukan Lubang Hitam Terbesar Abad Ini !

Telah Ditemukan Supermassive Blackhole Terbesar, Berukuran Setara Dengan 21 Mily
Tim Ilmuwan Amerika menemukan dua buah blackhole terbesar yang pernah manusia temui. Benda terhitam di angkasa ini dulunya adalah salah satu benda paling cemerlang di angkasa.

Gambar blackhole raksasa di NGC 3824, dan ini bukan yang terbesar.  Inset: Sistem tata surya kita. Foto:Pete Marenfeld
Blackhole-blackhole ini ditemukan di dua galaksi tetangga kita, NGC 3842 untuk yang lebih kecil dan NGC 4889 untuk pemilik blackhole terbesar.
Yang lebih kecil, memiliki massa 30% lebih besar dari rekor supermassive blackhole sebelumnya, yaitu sekitar 9,7 milyar matahari. Sedangkan yang besar, ukurannya bahkan lebih dari dua kali lipat ukuran yang kecil, yaitu 21 milyar matahari.
Ukurannya yang menakjubkan dapat menelan 10 sistem tata surya kita dengan mudah, semudah kita memakan kacang.
Benda angkasa ini memang dikenal dengan kemampuan mengerikannya untuk menelan apapun yang berada cukup dekat dengan mereka, termasuk cahaya. Karenanya, blackhole terlihat sebagai titik hitam, terhitam dan terbesar yang ada di alam semesta sejauh ini. Tapi sebagian ilmuwan percaya, bahwa benda-benda ini sebelumnya adalah benda angkasa paling terang di alam semesta. Ditemukan pertama kali pada tahun 50'an, benda tersebut dikenal dengan nama quasar.
Walaupun quasar ini memancarkan cahaya super terang yang dapat terlihat hingga separuh jarak alam semesta, cahaya itu bukan berasal dari mereka sendiri, melainkan dari proses pelahapan bintang-bintang di sekitarnya. Proses ini sangat dahsyat sehingga menghasilkan panas jutaan derajat dan energi yang terpancar ke seluruh kosmos.
Kedua blackhole ini juga membuat terobosan baru, ukuran keduanya jauh melebihi ukuran maksimal sebuah blackhole yang tadinya sudah diperkirakan secara matematis oleh para ilmuwan.

0 komentar:

Posting Komentar

related posts plugin for wordpress, blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites